banner 728x250

Pimpin Latihan Pra Operasi Ketupat Semeru, Begini Pesan Kapolres Malang Ferli Hidayat

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dan jajarannya menggelar latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2022.
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dan jajarannya menggelar latihan Pra Operasi Ketupat Semeru 2022 di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang, Rabu (27/04/2022).

Kapolres Malang dalam kesempatan ini menekankan pelayanan yang humanis dan meningkatkan kewaspadaan, dikarenakan mudik tahun ini berbeda dengan mudik ditahun sebelumnya. 

banner 336x280

Rencananya, operasi Ketupat Semeru 2022 akan diberlakukan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 hingga tanggal 9 Mei 2022.

“Rekan-rekan harus sadar pada tahun 2022 pemerintah tidak melakukan pelarangan ataupun pembatasan terkait mudik, hal ini akan menimbulkan terjadinya peningkatan mobilitas masyarakat,” katanya.

Menurut Kapolres, perkembangan kasus Covid-19 pada beberapa bulan kebelakang di wilayah Kabupaten Malang menunjukan angka penurunan. Dengan kondisi ini masyarakat Malang akan semakin euforia dan tentu banyak akal yang harus dipersiapkan.

READ  Masyarakat Bahagia Puskesmas dan SMK Hadir di Pulau Komodo

‘Mudik Aman, Mudik Sehat’, merupakan slogan mudik pada tahun ini yang disosialisasikan oleh Mabes Polri. Sehingga menjadi nafas segar bagi para masyarakat yang melaksanakan mudik.

Namun, mobilitas masyarakat yang cenderung semakin meningkat, tentu akan menaikan kepadatan pengendara di jalan raya sehingga menimbulkan meningkatnya potensi laka lantas.

“Idul Fitri membuka ruang terjadinya potensi kerawanan kejahatan 3 C, yaitu Curat, Curas, dan Curanmor maupun tindak kejahatan Terorisme. Hal ini harus kita waspadai dan diatensi,” jelas Kapolres.

Ferli juga menegaskan agar para anggota yang bertugas senantiasa siap siaga melakukan penguatan di penjagaan-penjagaan pos pengamanan, pos pelayanan maupun penjagaan mapolres dan obyek vital.

READ  Ada Mafia Tanah dan Hukum di Malang, Amtrag Akan Gelar Demo Besok di PN dan BPN 

Tak lepas dari pembahasan Operasi Ketupat, Ferli juga menghimbau kepada seluruh Anggota Polri untuk tak bosannya berkomunikasi dengan panitia penyelenggara sholat Idul Fitri.

“Rutin lakukan sosialisasi yang intens dengan Dewan Masjid dan para Takmir Masjid maupun Panitia penyelenggara sholat Idul Fitri tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19 dan mengenai surat edaran Menteri Agama nomor 8,” terang Ferli.

Surat edaran Menteri Agama nomor 8 yaitu menerangkan larangan untuk takbir keliling. Lebih baik dan aman untuk takbir di masjid maupun mushola guna meminimalisir kerumunan dan kemacetan jalan raya.

Sekmen berikutnya yang menjadi kewaspadaan adalah paska lebaran. Yaitu arus balik mudik. Polres Malang Mendirikan 7 pos pengamanan, 1 pos pelayanan dan 13 pos pengamanan tempat wisata.

READ  Transaksi Ganja, Pemuda Asal Wagir Malang Ditangkap Polisi 

Diharapkan dengan adanya pos-pos tersebut memudahkan pelayanan Kepolisian kepada Masyarakat.

“Pastikan para Kapolsek melalui Bhabinkamtibmas untuk sosialisasikan di tempat wisata, bahwa di pos-pos harus ada scan barcode aplikasi Peduli Lindungi, handsanitizer dan himbauan penerapan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Kapolres.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakapolres Malang Kompol Rizky Tri Putra, Kabag Ops Polres Malang Kompol I Made Prawira Wibawa beserta para PJU Polres Malang, dan Kapolsek jajaran serta seluruh anggota yang terlibat operasi.

Arahan dan petunjuk teknis Operasi juga di paparkan oleh Wakapolres beserta para PJU dan Kasat. Hal ini dilakukan agar para Anggota yang bertugas lebih mengetahui  tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.