banner 728x250

Baksos di Pujon dan Ngantang Akhiri Rangkaian Syiar Ramadan UMM

UMM memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat Kabupaten Malang. (Foto: ist)
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Kegiatan bakti sosial (Baksos) akhiri rangkaian panjang Syiar Ramadan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Membawa rombongan besar, tim Kampus Putih berangkat menuju lokasi, yakni Pujon dan Ngantang, Kabupaten Malang pada Rabu (27/4) lalu.

banner 336x280

Adapun baksos ini merupakan bagian dari program UMM Berbagi untuk Negeri yang sudah dilaksanakan Kampus Putih sejak lama.

Sebelumnya, UMM berbagi untuk negeri telah melaksanakan beragam kegiatan. Mulai dari berbuka bersama Lapas Prempuan, berbagi hewan kurban, menyambangi korban bencana gempa, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, tim UMM tidak hanya memberikan bantuan berupa sembako, tapi juga menyediakan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat dan konsultasi parenting.

Selain itu juga mengajak bermain anak-anak, mendongeng hingga menyuguhkan bacaan menarik melalui mobil Kamis Membaca (KaCa) dan Bakti terhadap Negeri (Terbang). Rombongan Muhammadiyah University Riders (MURid) juga menyertai baksos kali ini.

READ  Setelah Menusuk Istri dan Anak Karena Digugat Cerai, Pelaku Serahkan Diri ke Polres Malang

Melepas keberangkatan rombongan baksos, Wakil Rektor II UMM Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. menilai bahwa aktivitas ini menjadi upaya Kampus Putih untuk turut serta membagi berkah.

Utamanya di bulan suci Ramadan yang sebentar lagi berakhir. Ia juga menyampaikan bahwa UMM siap memberikan kontribusi untuk negeri dengan berbagai kegiatan. Utamanya yang mampu memberikan senyuman.

Nazar, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa alokasi dana yang digunakan bersumber dari infaq para karyawan dan dosen serta masyarakat luar yang juga ingin berkontribusi.

Para donatur juga turut memberikan sumbangsih sehingga dana yang terkumpul bisa disalurkan dengan baik kepada mereka yang membutuhkan.

“Semoga apa yang kita upayakan ini mendapatkan rida dari Allah SWT. Saya juga berharap model baksos yang dilakukan ke depannya bisa dikembangkan dan diselenggarakan dengan bentuk yang lain,” tambahnya.

READ  Sowan ke Bupati Malang, Mas Dhito Bahas Proyek Strategis Nasional

Sementara itu, Koordinator Baksos dr. Sri Adila Nurainiwati, Sp.KK. mengatakan bahwa pihaknya membawa banyak rombongan yang memiliki perannya masing-masing.

Sebut saja mobil pick up yang membawa paket sembako, Mobil KaCa yang menyediakan permainan dan bacaan, Mobil terbang yang juga menyediakan bingkisan bagi anak-anak yang hadir, dan sederet rombongan lain.

“Tidak lupa, kami juga membawa mobil ambulance dengan beberapa dokter untuk menyediakan pemeriksaan kesehatan serta konsultasi parenting gratis kepada masyarakat. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui kondisi kesehatan sehingga dapat segera diatasi jika ternyata menderita penyakit,” tuturnya.

Ninin, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pihaknya akan menyasar dua lokasi, yakni Pujon dan Ngantang. Adapun penyerahan bantuan telah diberikan di SDN Bendosari 1 Pujon yang langsung diterima oleh Kepala Desa. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dan pelaksanaan program di Ngantang.

READ  Transaksi Ganja, Pemuda Asal Wagir Malang Ditangkap Polisi 

“Kami juga melangsungkan berbuka bersama para warga untuk memperkuat persaudaraan. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa menginspirasi teman-teman lain untuk turut serta membagi dan mengadakan agenda yang sama demi menyunggingkan senyum ke sesama,” tambahnya.

Kunjungan UMM disambut baik oleh masyarakat, salah satunya Vanessa Aulia Triananta yang ikut bermain bersama tim Mobil KaCa. Ia merasa gembira bisa ikut bersenang-senang bernyanyi bersama, serta mendapatkan hadiah dari kakak-kakak Mobil KaCa Kampus Putih.

“Menyenangkan sekali bisa bermain beragam permainan bersama teman-teman. Apalagi ada buku-buku menarik dengan gambar-gambar bagus yang bisa kami baca. Terimakasih kakak-kakak,” tutur Vanessa.