banner 728x250

Isi Kuliah Umum di PKKMB UM, Menteri ATR/BPN: Persiapkan Generasi Muda Wujudkan Indonesia Emas 2045 

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto sampaikan Kuliah Umum di Universitas Negeri Malang, Sabtu (20/8/2022).
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto memberikan Kuliah Umum pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2022, Sabtu (20/08/2022).

Selain memberikan Kuliah Umum yang bertemakan “Penyiapan Generasi Muda Berintegritas untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” itu, Menteri Hadi juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru.

banner 336x280

Kepada mahasiswa Universitas Negeri Malang, mantan Panglima TNI itu berpesan agar mahasiswa menggunakan kesempatan emas ini untuk membekali diri.

READ  Mahasiswa Tersangka Teroris di Malang Pendiam dan Tertutup

Selain itu, mengembangkan diri sebagai pelaku agen perubahan di kampus dan di lingkungan masyarakat. Menuntut ilmu dengan sepenuh hati di UM.

“Mari kita songsong generasi emas untuk mewujudkan cita-cita luhur kita menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ujar Hadi Tjahjanto.

Menteri Hadi menjelaskan, bahwa Indonesia juga akan menjadi negara nomor empat terbesar di dunia berdasarkan letak geografis dan populasi.

Sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan sumber daya alam (SDA) yang berlimpah sebagai penyokongnya.

READ  Perkara Perusakan Kantor Arema FC Segera Disidangkan, Ini Pesan Kuasa Hukum Tersangka

“Apakah akan terjadi begitu saja? Jawabannya, tidak bisa kalo tidak mempersiapkan diri,” terang Hadi.

Dalam kesempatan ini, Hadi Tjahjanto juga berbicara mengenai bela negara. Menurutnya, bela negara harus dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Hal ini demi menjamin kelangsungan hidup bangsa Indonesia dari berbagai ancaman. Ia pun berpesan agar para mahasiswa dapat menyaring informasi dengan baik.

Informasi-informasi yang tidak sesuai maka harus benar-benar ditolak dan tidak diikuti.

READ  Jokowi-Prabowo Mesra Gunakan Udeng Blangkon Khas Madura

“Bela negara, sikap dan perilaku kita adalah dalam rangka mempertahankan kedaulatan negara kita,” tegas Hadi.

Dalam kesempatan ini juga, Hadi Tjahjanto mengungkapkan untuk menuju Indonesia Emas 2045, Kementerian ATR/BPN mempunyai peranan penting.

Yakni memastikan pengelolaan pertanahan, penataan ruang serta mewujudkan pelayanan pertanahan berstandar dunia.

“Saya bersama jajaran Kementerian ATR/BPN bertekad untuk mewujudkan Institusi yang maju dan modern berdasarkan pembangunan jati diri melayani, profesional dan terpercaya,” pungkasnya.