banner 728x250
Daerah  

Sulap Sungai Jadi Sentra Budidaya Ikan, DKP Jatim Beri Bantuan 50 Ribu Bibit Ikan untuk Pak Legimin

DKP Jatim Tebar 50 Ribu Bibit Ikan di Sungai Parelegi, Kabupaten Pasuruan, Jumat (24/06/2022). (Foto: Dok. CekData.co.id)
banner 120x600
banner 468x60

PASURUAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur (DKP Jatim) salurkan bantuan benih ikan untuk di tebar di sungai Parelegi yang terletak di Dusun Parelegi, Desa Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (24/6/2022).

Sa’adah Mukadar, Subkoor Pengelola Kesehatan Ikan DKP Jatim pada kesempatan ini mengatakan, bantuan benih ikan ini adalah bukti keseriusan DKP Jatim dalam mendukung warga Jatim guna melestarikan lingkungan terutama pemanfaatan sungai.

banner 336x280

“Apresiasi tak terhingga kami haturkan atas kegiatan yang digagas oleh Komunitas PAK LEGIMIN (Pecinta Aliran Kali Parelegi Mantab Inovatif) yang secara sukarela merawat dan menyulap sungai ini hingga menjadi tempat bagi ekosistem ikan yang ada di habitatnya,” katanya.

READ  NGADIWONO, DESA KENTAL BUDAYA DI SUDUT PASURUAN

Menurut Sa’adah, total sungai yang berada di Jawa Timur terdapat 50 jenis ikan yang hampir punah dan saat ini, hanya sekitar 15 jenis ikan lokal yang masih tinggi tingkat populasinya.

Bantuan benih ikan yang di olah PAK LEGIMIN di sungai Parelegi saat ini 50 ribu ekor benih, ada 8 jenis benih ikan yang terdiri dari Ikan Muraganting, Wader Pari, Bader Bang, Wader Cakul, Nilem, Sengkaring (ikan dewa), Udang Galah dan Tawes.

READ  Sengketa Lahan di Blandongan Pasuruan, Adhy Dharmawan: Ada Kejanggalan di Letter C

Senada dengan Sa’adah, Fauzan, Camat Purwodadi, mengatakan, penebaran bibit ikan di sungai Parelegi adalah “bibit buwit” (cikal bakal) Ikan Wader Pari di Purwodadi sekaligus ke depan bisa menjadi destinasi wisata sungai yang bersih dan asri.

“Harapan kita kedepan, tempat ini (PAK LEGIMIN) bisa menjadi tempat wisata dan menjadi percontohan untuk desa-desa lain,”harapnya.

READ  Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Veteran Berikan Pesan Bela Negara kepada Generasi Muda 

Pantauan cekdata.co.id, kegiatan ini turut dihadiri oleh Kapolsek Purwodadi AKP Yokbeth Wally dan Kepala Desa (Kades) Purwodadi, Mulyono.