banner 728x250

Perkuat Pendidikan Kepramukaan, Saka Dirgantara Kwarda Jatim Gelar Rakor

Rakor Saka Dirgantara Kwarda Jatim di Lanud Abdulracman Saleh Malang, Kamis (14/04/2022). (Foto: penerangan)
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Ketua Harian Saka Dirgantara Kwarda Jatim, Prof Dr Suyatno, membuka Rakor Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Saka Dirgantara Kwarda Jatim.

Rakor itu digelar di Ruang Aula Naggala Yonko 464 Pasgat, Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Kamis (14/4/2022).

banner 336x280

Dalam sambutannya, Prof Suyatno menjelaskan bahwa dalam kepramukaan terdapat pendidikan kepramukaan dengan tiga tujuan yakni kebangsaan, karakter dan kecakapan. Saka Dirgantara merupakan Satuan Kecakapan yang ada di pangkalan.

READ  Irda dan Diskominfo Kabupaten Malang Jadi Peserta Terbaik pada Kompetisi P4 Kemen PANRB

Saka adalah satuan yang dipenuhi dengan kreasi, yang melahirkan anggota pramuka yang terampil melalui kecakapan di bidang karyanya.

“Ke depan anggota yang cakap akan dapat berkiprah sebagai atlet-atlet yang berprestasi juga tergabung dalam komponen cadangan melalui bela negara,” ujar Prof Suyatno.

Ditambahkannnya, ke depan diharapkan di 38 kabupaten/kota di Jatim akan berdiri Saka Dirgantara di tiap-tiap Kwarcab-kwarcab.

Dalam Rakor tersebut menghasilkan keputusan pembentukan kepengurusan masa bakti 2022-2025 dengan Ketua Majelis Pembimbing Saka Dirgantara Jatim adalah Marsma TNI Zulfahmi, yang juga merupakan Danlanud Abdulrachman Saleh.

READ  Ketum PSSI Optimis Timnas Indonesia Menang Lawan Vietnam di SEA Games 2021

Zulfahmi, menyampaikan Rakor Kwarda Jatim selain mempererat jalinan sinergiras pengurus Kwarda dengan Kwarcab yang ada di Jatim juga mengagendakan beberapa rencana program kerja.

“Kita juga membahas program kerja ke depan dan pertanggungjawaban pengurus lama serta pembentukan yang baru,” ujar Zulfahmi.

Rakor ini dihadiri oleh sekitar dua puluh Kwarcab di Jatim dengan agenda laporan pengurus masa bakti 2018-2021 dan pemilihan pengurus masa bakti 2022-2025 serta rencana program kerja ke depan.

READ  Wali Kota Batu Serahkan Bantuan Alat Kesehatan untuk Warga Disabilitas

Dalam acara Rakor juga dihadiri beberapa pejabat terkait seperti Pimpinan Saka Dirgantara Kwarda Jatim, Pimpinan Saka Wirakartika, Saka Bahari dan Saka Bhayangkara Kwarda Jatim, Danyonko 464 Pasgat Mayor Pas Puthut dan lainnya.