banner 728x250

FJPN Siap Bantu Kampanyekan Pantai Tamban Bersih dari Sampah

Kondisi Pantai Tamban Saat Ini, Sabtu (07/05/2022). (Foto: FJPN for Rubrika)
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Kebersihan menjadi salah satu tolak ukur pengunjung untuk memutuskan tujuan destinasi wisata. Apalagi saat libur lebaran seperti ini, pengunjung akan kecewa jika destinasi wisata yang dikunjunginya kotor dan tidak sesuai harapan.

Forum Jurnalis Peduli Negeri (FJPN) beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke Pantai Tamban, Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang.

banner 336x280

Sangat disayangkan, mereka melihat Pantai Malang Selatan itu bertebaran sampah yang membuat pemandagan pantai tidak enak dilihat.

READ  Bhabinkamtibmas Kelurahan Sisir Polsek Batu Himbau Penutupan Pasar Hewan Pathok

Litbang FJPN, Amrin Pandiangan, menyesalkan saat melihat kondisi pantai kotor tersebut. Mengingat bahwa disekitar pantai ini juga ada konservasi mangrove. 

“Sangat miris melihat bahwa pantai seperti ini, banyak sampah berserakan,” ujarnya, Sabtu (07/05/2022).

Pria berdarah Batak itu, kepada semua pihak berharap untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pengelolaan sampah perlu dibenahi lagi karena langsung berdekatan dengan wilayah konservasi hutan mangrove,” jelasnya.

READ  Ikuti Apel Dansat Tersebar Kodam I/BB, Bobby Nasution: Kolaborasi Kunci Pembangunan di Medan

Menurut pria yang akrab disapa Amrin itu, Tamban memiliki keunggulan selain wisata pantainya. Ekowisata dapat dijadikan tambahan wisata lainnya. Wisata pantai ditambah dengan wisata mangrove akan menjadi poin plus dari daerah tersebut.

“Ini pantai sudah punya modal yang baik sebagai tempat wisata, ada poin plusnya juga yakni ada konservasi mangrove. Nah, ini bisa di kombinasi menjadi satu spot baru dengan konsep ekowisata. Hal ini pasti akan sangat menarik sekali. Tergantung kepada para pengelola, masyarakat sekitar dan perangkat desa,” bebernya.

READ  Beta Jarnas NTT Deklarasi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Amrin mengaku, dirinya dan FJPN akan siap membantu seluruh stakeholder untuk mengkampanyekan Pantai Tamban bersih dari sampah.

“Sebagai wujud kepedulian kita, FJPN siap membantu agar wisata Pantai Tamban dan Konservasi Mangrove dikenal luas dengan pantainya yang bersih, kita juga akan menggandeng pihak-pihak pelaku lingkungan,” tegasnya.