banner 728x250
Daerah  

Ikuti Diklat Keselamatan Lalin, Ini Kesan Ketum PDOI Malang Raya

Sebanyak 60 peserta dari ojek online berfoto bersama di sela penutupan kegiatan Diklat Keselamatan Berlalu-lintas. (dok PDOI Malang Raya)
banner 120x600
banner 468x60

CEK DATA – Diklat Keselamatan Berlalu-lintas berakhir Kamis (3/3/2023) dan terkait hal ini, Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Driver Online Indonesia Kota Malang (PDOI Malang), yang juga Presidium Frontal Malang Raya, Puji Waluyo memaparkan sejumlah manfaat penting.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kita terutama kalangan driver online atau ojol yang sehari-hari kita bekerja menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya dan memahami aturan aturan yang mengatur tata cara tertib berlalu-lintas dan berkendara dengan baik,” tegas Puji Waluyo, Kamis (2/3/2023).

banner 336x280

Dikatakannya pada hari terakhir membahas sisa materi tentang tata cara berkendara roda 2 dan 4 dengan baik dan benar.

READ  Ratusan Ojol Ikuti Diklat Keselamatan Berlalu Lintas di Kepanjen Malang

Acara dilanjutkan upacara penutupan diklat diikuti oleh Sekertaris Dishub Kabupaten Malang, Kabid Keselamatan, Kabid Terminal dan Parkir, Kabid Angkutan, beserta Wakil Direktur III Poltrada Bali Akbar Zulkarnain.

Materi yang disampaikan antara lain emergency respon, perundang-undangan LLAJ, karakteristik pejalan kaki, cara berlalu-lintas di perlintasan sebidang, tata cara menggunakan angkutan umum, serta tata cara berkendara roda 2 dan 4.

READ  Polusi Udara Pabrik Bikin Sesak Nafas, Warga Sawun Wagir Melawan dengan Aksi Unik

Sedangkan pemberi materi antara lain I Gusti Ayu Sukami,A.mk , Metha Nonik Agesti,S.ST , I Wayan Yudi Martha Wiguna, S.T.,M.T.

Dijelaskannya, materi yang menarik adalah tentang emergency respon yang membahas tentang tata cara pertolongan pertama terhadap korban laka.

“Jika ada diklat yang bermateri ada hubungan dengan lingkup ojol atau driver online, kita siap mengirimkan peserta untuk mengikuti diklat tersebut. Karena ini sangat sangat penting sebagai pedoman atau bekal mengetahui aturan-aturan berkendara di jalan raya,” pungkasnya. 

READ  Ciptakan Siswa Unggul, SMK Bukit Cahaya Sidikalang Buka Pendaftaran Siswa Baru

Seperti diketahui pemahaman masyarakat khususnya untuk para ojek online, supir angkutan umum sekaligus masyarakat terhadap UU lalu-lintas amat penting.

Karenanya Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada) bersinergi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang dan Presidium Frontal Malang Raya sebagai kordinator di bidang driver online, Selasa (28/2 sampai 2/3/2023) mengadakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Keselamatan Berlalu Lintas di Kepanjen Kabupaten Malang. (***)