banner 728x250

Rayakan Waisak, Umat Buddha Gelar Pawai Menuju Candi Borobudur

Pawai Hari Raya Waisak di Candi Borobudur. (Foto: Kemenag)
banner 120x600
banner 468x60

MAGELANG – Perayaan Hari Raya Waisak yang diperingati Umat Buddha di Indonesia hari ini mengadakan pawai di mulai dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur.

Prosesi pawai mengiringi api suci, air berkah dan hasil alam itu di ikuti oleh berbagai majelis Buddha di Indonesia.

banner 336x280

Peserta pawai mulai bergerak dari pelataran Candi Mendut sekitar pukul 07.30 WIB. Rangkaian pawai diawali oleh rombongan sepeda yang di pimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kemudian di ikuti oleh para Bikkhu, Bukkhuni, Rohaniawan serta perwakilan majelis Buddha lainnya.

READ  SAPMA PP Kota Malang Tolak Partai Mahasiswa Indonesia

Tampak juga ketua umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Sri Hartati Murdaya yang ikut pawai dengan mengendarai mobil hias.

Antusias warga menyaksikan pawai menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2566 Buddha Era (BE) atau tahun 2022 tidak surut walaupun gerimis membasahi Kota Magelang.

Sepanjang jalan warga berjejer melambaikan tangan tatkala iringan para Bikkhu dan Rohaniawan melintas sambil serentak mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak.

READ  KKP Kawal Quality Assurance Ekspor 5 Ton Kepiting Bakau ke Tiongkok

Pawai kali ini juga mendapat perhatian dari turis mancanegara yang menyaksikan rangkaian perayaan Tri Suci Waisak. Mereka berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Taiwan dan negara lainnya.

Rangkaian pawai berakhir di pelataran Candi Borobudur, Umat Buddha selanjutnya akan mengikuti meditasi Waisak yang di gelar di pelataran Candi Borobudur mulai jam 11.00 WIB.

READ  Amcor UMM Sediakan Fasilitas Kenali Amerika Serikat

Puncak Perayaan Waisak Nasional 2022 yang di gelar malam ini di Candi Borobudur akan di hadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama para Menteri Kabinet Indonesia Maju, sejumlah Kepala Daerah dan Pimpinan Lembaga Negara lainnya.

Waisak Nasional 2022 dengan mengusung tema “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan” juga akan di ikuti secara daring oleh Wapres RI KH. Ma’ruf Amin.