banner 728x250
Daerah  

Deklarasi KBITB, Wadah Pemersatu Warga Indonesia Timur di Malang Raya

Ketua Umum KBITB Malang Raya Esau Moses Christian. (Foto: Ist)
banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Organisasi Masyarakat (Ormas) Keluarga Besar Indonesia Timur Bersatu (KBITB) sebagai wadah pemersatu masyarakat asal Indonesia Timur di Malang Raya akan menggelar Deklarasi.

Deklarasi wadah yang menjadi rumah besar bagi masyarakat asal Papua, Maluku hingga NTT yang berada di wilayah Malang Raya ini akan berlangsung di Cemara Ballroom, Karanglo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang pada (18/07/2023) besok, pukul 10. 00 WIB.

banner 336x280

Ketua Umum KBITB Malang Raya Esau Moses Christian mengatakan, deklarasi ini bertujuan sebagai sebuah bentuk sosialisasi sekaligus bentuk keseriusan KBITB sebagai wadah pemersatu masyarakat Indonesia Timur di Malang.

“Kegiatan deklarasi ini merupakan satu dari sekian agenda utama KBITB. Kegiatan ini juga merupakan bentuk keseriusan kami dalam mendirikan dan menjalankan roda organisasi ini,” katanya.

READ  SMP Brigjend Katamso II Medan Gelar Pelepasan Siswa, Ini Nasihat Dewan Pembina Yayasan

Sosok yang familiar disapa Bang Moses ini menambahkan, kelahiran KBITB di Malang Raya merupakan sebuah bentuk keseriusan warga Indonesia Timur di Malang Raya dalam merawat semangat kebhinekaan dan rasa senasib sepenanggungan.

“Sebagai rumah besar seluruh masyarakat Indonesia Timur di Malang Raya, kami berharap kiranya melalui wadah ini kami dapat membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat Malang Raya serta terus berkolaborasi dengan Aparat Kepolisian dan TNI dalam menjaga situasi Malang Raya yang kondusif,” terang Moses.

Senada dengan Ketua Umum Moses, Sekretaris KBITB Malang Raya Philipus Api Oa menyampaikan, kegiatan ini adalah sebuah momentum bersejarah bagi masyarakat Indonesia Timur di Malang Raya.

READ  Para Korban di Praya Barat Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Mafia Tanah

“Sekian lama kita berjalan dengan wadah masing-masing daerah dan wilayah. Kehadiran KBITB adalah sebuah angin segar serta deklarasi yang akan digelar besok adalah momentum bersejarah bagi perkumpulan Keluarga Besar Masyarakat Indoensia Timur di Malang Raya,” ujar sosok yang akrab disapa Oskar ini.

Saat ditanya terkait kesiapan penyelenggaraan deklarasi, Oskar mengungkapkan, persiapan kegiatan ini sudah mencapai 99 %.

“Kita sudah siap 99% persen. 1% nya adalah penyelenggaraan deklarasi yang akan dilaksanakan besok ini,” kata pemuda kelahiran Ende, Nusa Tenggara Timur ini.

READ  Warga Dusun Tamban Malang Swadaya Bangun Ekowisata Mangrove

Pada kesempatan ini, Sekretaris KBITB ini juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung baik moril maupun materil atas terlaksananya kegiatan Deklarasi KBITB ini.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyupport kegiatan kami. Semoga kehadiran kami KBITB dapat bermanfaat bagi masyatakat Malang Raya,” tutur Oskar.

Untuk diketahui, rencana pelaksanaan Deklarasi KBITB ini akan dihadiri ribuan peserta yang terdiri dari masyarakat asal Indonesia Timur di Malang Raya dan Mahasiswa asal Indonesia Timur yang sedang menempuh pendidikan di Malang. (***)