banner 728x250
Daerah  

Bersama Komunits Pak Legimin, DKP Kabupaten Pasuruan Tebar 30000 Bibit Ikan di Kali Parelegi

DKP Kabupaten Pasuruan Serahkan 30.000 Bibit Ikan kepada Komunitas Pak Legimin, Rabu (20/07/2022).
banner 120x600
banner 468x60

PASURUAN – Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Pasuruan menebar 30.000 bibit ikan di aliran kali (sungai) Parelegi, Rabu (20/07/2022).

Sungai yang berada di sepanjang Dusun Parelegi, Desa Purwodadi, Kabupaten Pasuruan itu dikelola oleh Komunitas PAK LEGIMIN (Pecinta Aliran Kali Parelegi Mantab Inovatif) sebagai area konservasi.

banner 336x280

Ada 3 jenis ikan lokal yang ditebar di Kali Parelegi itu, diantaranya adalah ikan nilem, tawes, dan tombro.

Kepala Dinas DKP Kabupaten Pasuruan Alfi Khasanah, mengatakan penebaran bibit ikan di aliran sungai ini bertujuan untuk menjaga kelestarian serta kebersihan aliran sungai sekaligus membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

READ  Paguyuban Angkot AT Digusur, Dian Dwi Saputri Kirim Surat ke Dishub Kota Malang

“Penebaran bibit ikan di aliran kali Parelegi untuk menjaga kelestarian dan kebersihan air sekaligus untuk ikannya bisa sebagai tambahan ekonomi untuk masyarakat sekitarnya,” kata Alfi.

Alfi Khasanah mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Komunitas PAK LEGIMIN dengan sukarela merawat kebersihan kali atau sungai sekaligus menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada di habitatnya. 

“Kami apresiasi kegiatan sosial komunitas PAK LEGIMIN ini yang secara suka rela bergotongroyong untuk menjaga kebersihan air di saluran kali dan menjaga kelestarian ekosistem ikan yang ada dihabitatnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan giat tebar benih ikan saat ini, DKP Kabupaten Pasuruan telah menebar bibit ikan sebanyak 155.000 ekor di 6 titik Perairan Umum Darat (PUD) Kabupaten Pasuruan.

READ  Berusia 100 Tahun, Wali Kota Kediri Bagikan Sembako Gratis ke Nenek Jaelah 

“Penebaran benih ikan sudah dilaksanakan di 6 titik lokasi diantaranya adalah, Aliran kali Parelegi, Desa Purwodadi, Kecamatan purwodadi, Jumpinang water tubing, desa sumberrejo, Kecamatan Purwosari, Eduwisata air Segaran Desa Sukolelo, Kecamatan Prigen, Sungai Bulusari, Desa Bulusari Kecamatan Gempol, Sungai Matair Sumberpinang, Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo, Embung Sanganom, Desa Sanganom, Kecamatan nguling,” jelas Alfi.

Tujuan penebaran benih ikan di beberapa lokasi tersebut selain menjaga ekosistem air juga secara tidak langsung pemulihan sumberdaya perikanan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar PUD.

Masih di tempat yang sama, Camat Purwodadi, Fauzan menyampaikan penebaran bibit ikan lokal di aliran kali Parelegi ini bisa dikenal memiliki penghasil ikan asli kali.

READ  Canangkan Zona Integritas, Kepala BPN Kabupaten Malang: Stop Pungli!

“Penebaran bibit ikan lokal di aliran Kali Parelegi nantinya bisa menjadi cikal bakal bahwa wilayah Purwodadi dikenal memiliki komoditas Ikan Wader Pari serta ikan lokal lainnya,” ungkap Fauzan.

Ia berharap untuk kedepan wisata desa bisa menjadi destinasi wisata kali bersih dan asri.

“Dengan adanya tebar benih ikan ini semoga Wisata Desa yang berada di dusun parelegi untuk kedepan bisa menjadi destinasi wisata kali bersih dan asri,” pungkasnya.