banner 728x250

Paus Fransiskus Suarakan Kebebasan dan Ketenangan di Hong Kong

Paus Fransiskus memberikan restunya saat dia mendaraskan doa zuhur Regina Coeli dari jendela studionya yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, 22 Mei 2022. (Foto: VOA)
banner 120x600
banner 468x60

VATIKAN – Pimpinan umat Katolik dunia Paus Fransiskus buka suara terkait kardinal yang baru-baru ini ditangkap di Hongkong. Pada hari Minggu (22/05/2022) Paus Fransiskus secara langsung mengungkapkan kedekatan spiritualnya dengan umat Katolik di China, menyuarakan harapan bahwa gereja disana beroperasi dalam “kebebasan dan ketenangan”, tetapi tidak menyebutkan seorang kardinal berusia 90 tahun yang baru-baru ini ditangkap di Hong Kong.

Berbicara kepada publik yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk sambutan tradisional hari Minggu, Paus mencatat bahwa gereja merayakan, pada 24 Mei, “Bunda Maria yang terberkati, penolong umat Kristiani,” dan mengingat bahwa Maria adalah pelindung umat Katolik di Cina.

banner 336x280

“Keadaan yang menyenangkan memberi saya kesempatan untuk memperbarui kepada mereka jaminan kedekatan rohani saya, saya mengikuti dengan perhatian dan partisipasi kehidupan dan masalah umat beriman dan pendeta, seringkali rumit, dan saya berdoa setiap hari untuk mereka,” ucap Paus dikutip dari VOA, Senin (23/05/2022).

READ  Piala Uber 2022: Bilqis Prasista Tekuk Ratu Bulu Tangkis Dunia

Kardinal Joseph Zen ditangkap pada 11 Mei bersama dengan tiga orang lainnya karena dicurigai berkolusi dengan pasukan asing untuk membahayakan keamanan nasional China. Dia dibebaskan malam itu juga.

Zen mengkritik pedas terhadap China dan telah mengecam kesepakatan Vatikan pada 2018 dengan China mengenai pencalonan uskup di negara itu. Dia mencirikan kesepakatan itu, yang akan diperbarui tahun ini, sebagai penjualan orang-orang Kristen yang beribadah di jemaat bawah tanah di China untuk menghindari pelecehan oleh otoritas rezim Komunis.

READ  BEM Malang Raya Juga Suarakan Isu Lokal, Tolak Sawit Hingga Ranperda RTRW Kota Batu

Fransiskus dalam sambutannya mengundang umat beriman di alun-alun untuk bergabung dengannya dalam doa, “agar gereja di Cina, dalam kebebasan dan ketenangan, dapat hidup dalam persekutuan yang efektif dengan gereja universal dan dapat menjalankan misinya untuk mewartakan Injil kepada semua orang, menawarkan, dengan demikian, kontribusi positif bagi kemajuan spiritual dan material masyarakat.”

Kesepakatan Vatikan-Cina bertujuan untuk mengurangi ketegangan atas desakan Cina pada pengaruh atas pencalonan uskup, yang menurut Vatikan, adalah hak prerogatif paus. Vatikan berpendapat bahwa kesepakatan itu mencegah perpecahan yang lebih dalam di gereja China setelah Beijing di masa lalu menunjuk uskup tanpa persetujuan paus. Kesepakatan itu mengatur status tujuh uskup “tidak sah” ini dan membawa mereka ke dalam persekutuan penuh dengan paus.

READ  Sosok Nahkoda Baru DPC GMNI Malang, Kuatkan Advokasi Kemasyarakatan

Penangkapan, termasuk penangkapan Zen, di Hong Kong memperluas tindakan keras terhadap segala bentuk perbedaan pendapat, menembus lebih jauh ke dalam institusi ekonomi, agama dan pendidikan yang telah lama dihormati di kota itu. Vatikan mengatakan pihaknya mengetahui penangkapan Zen dengan “keprihatinan” dan mengikuti “situasi dengan sangat perhatian.”