banner 728x250

Tips Sambut Ramadan dengan Persiapan Maksimal

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA – Hanya dalam hitungan hari, seluruh muslim di dunia, termasuk Indonesia akan memasuki bulan Ramadhan.

Bagi umat Islam, Ramadhan juga dikenal sebagai bulan penuh berkah. Selama sebulan penuh, umat muslim bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus yang diwujudkan dalam berpuasa. Lebih dari itu, Ramadhan adalah momen yang tepat untuk refleksi diri.

banner 336x280

Meski demikian, keadaan pandemi tentu bukan alasan untuk tidak bersemangat puasa dan berbenah diri. Berikut ini tips agar puasa kamu menjadi lebih bermakna.

Membantu Persiapan Sahur dan Buka Puasa

Hal yang bermakna bisa dimulai dengan cara sederhana. Mulailah dengan membantu anggota keluarga atau teman satu kost untuk menyiapkan makanan saat sahur dan berbuka.

Tentunya dengan kemajuan teknologi, kamu bisa memesan makanan di banyak platform daring untuk diantar. Jangan lupa dan jika memungkinkan berbuka puasa dan sahurlah bersama keluarga ya!

Nonton Dakwah Online

Selain asupan hiburan dari film atau maraton serial dari penyedia layanan OTT kala menunggu waktu berbuka, orang yang berpuasa juga memerlukan asupan rohani dari para pendakwah.

READ  Wali Kota Batu Sidak Pasar, Pastikan Bahan Pokok Jelang Ramadhan Aman

Namun, karena masih dalam kondisi pandemi, disarankan untuk mengikuti kajian kerohanian melalui berbagai platform digital.

Wisata Religi

Berhubung pemerintah mulai melonggarkan aturan bepergian jarak jauh, umat muslim kini lebih leluasa untuk melakukan wisata religi saat bulan Ramadhan.

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia tentu saja menyimpan banyak peninggalan sejarah tokoh-tokoh penting agama Islam yang tersebar di penjuru Nusantara.

Selain itu merasakan berpuasa di tempat yang berbeda saat traveling bisa memberikan kesan tersendiri. Masing-masing daerah di Nusantara juga punya kebiasaan berpuasa yang unik. Ngabuburit sambil menjelajahi tempat-tempat baru jadi kegiatan yang menyenangkan juga. 

Rajin Bersedekah

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah dilipat gandakannya pahala dari sebuah kebaikan, termasuk bersedekah. 

Menurut HR. Bukhari-Muslim, “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya.

Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” 

READ  Polusi Udara Pabrik Bikin Sesak Nafas, Warga Sawun Wagir Melawan dengan Aksi Unik

Dengan bantuan teknologi, bersedekah kini tidak harus selalu dengan cara konvensional, mengingat telah banyak platform digital yang bisa menerima dan menyalurkan sedekah kepada pihak yang tepat, contohnya Ayobantu. Lantas, mengapa harus Ayobantu?

Platform donasi terpercaya

Ayobantu merupakan platform donasi online yang berada di bawah naungan Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia, yang berdiri di Semarang, Jawa Tengah pada awal tahun 2020.

Sebagai sebuah platform donasi online, Yayasan Ayo Bantu Peduli Indonesia sudah memiliki izin dari Pengumpulan Uang dan Barang dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Selain itu, Ayobantu juga telah mengantongi izin dari Kementerian Sosial RI melalui Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) Nomor 865/HUK-PS/2021 dan Nomor 368/HUK-PS/2021.

Cara Donasi Mudah

Bersedekah di Ayobantu terbilang mudah dan efisien, karena dapat diakses melalui website resminya yang beralamat di www.ayobantu.com.

Pilihan donasi terbagi ke dalam 8 kategori yang dapat dipilih sesuai topik yang menjadi kepedulian masing-masing pengguna.

READ  Aksi Nyata Mirza Noeris, Bantu Korban Kebakaran Bengkel di Lowokwaru Malang

Metode pembayaran pun beragam, mulai dari bank transfer, e-wallet, hingga aset kripto yang dikonversikan ke mata uang Rupiah. 

Transparan

Di Ayobantu, setiap penggalangan dana akan diverifikasi kebenaran datanya. Selanjutnya, setiap penyaluran dari donatur akan terdokumentasi agar para donatur bisa mengawasi penyaluran donasi.

Proses pengumpulan dana pun bisa diawasi secara real time melalui website resmi Ayobantu.

Dapat Menjadi Platform Penggalangan Dana 

Setiap pengguna bisa membuka halaman penggalangan dananya sendiri di platform Ayobantu.

Terbuka bagi penggalangan dana yang dikelola oleh individual, komunitas, maupun korporat, setiap penggalang dana (fundraiser) akan mendapatkan satu halaman dashboard tersendiri.

Halaman ini dapat digunakan sebagai rekam jejak untuk setiap transaksi yang diterima hingga update penyaluran dana ke penerima manfaat. 

Khusus bagi penggalangan dana oleh komunitas dan korporat, Ayobantu juga membuka kesempatan kerja sama sebagai mitra Corporate Social Responsibility (CSR).

Dalam pelaksanaannya, Ayobantu dapat membantu eksekusi kegiatan untuk dibuatkan dalam bentuk campaign activation, seperti optimalisasi campaign, influencer engagement, social media activation, dan lain-lain.