banner 728x250

TNI Manunggal Air, Korem 083/Bdj Pulihkan Fungsi Sungai di Desa Kemiri Malang

banner 120x600
banner 468x60

MALANG – Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, S.I.P memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Karya Bhakti “TNI Manunggal Air” bertempat di Lapangan Desa Kemiri, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Kamis (31/03/2022).

Usai apel, seluruh personel gabungan mulai dari TNI, Polri dan Masyarakat bersinergi turun membersihkan aliran sungai dari eceng gondok dan hama lainnya.

banner 336x280

Personel turun membersihkan sungai mulai dari hulu Waduk Jasa Tirta sampai hilir sepanjang aliran sungai di Desa Kemiri.

Hal ini dilakukan agar dapat dimanfaatkan warga untuk pengairan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

READ  FJPN Kecam Tindakan Penembakan Tentara Israel Terhadap Jurnalis Al Jazeera

Kegiatan karya bhakti ini sebagai bentuk kebersamaan dengan masyarakat dalam mendukung Program “TNI Manunggal Air” sekaligus memperingati “Hari Air Sedunia”, yang diperingati setiap tanggal 22 Maret.

Ada sekitar kurang lebih 750 personel gabungan yang diturunkan dengan peralatan perahu karet (LCR) mengingat kondisi Sungai yang banyak di tumbuhi eceng gondok.

Danrem 083/Bdj beserta rombongan secara simbolis melaksanakan penanaman pohon.

Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, S.I.P menyampaikan terima kasih kepada Komandan-komandan satuan dan Instansi terkait yang telah memberikan dukungan dan personel untuk kegiatan ini.

“Sungai mempunyai peranan besar untuk kehidupan masyarakat dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi bila sungai dirawat dan dipelihara terus menerus,” ujar Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo, S.I.P.

READ  Ikuti Porprov Jatim, Atlet Basket Kota Batu Optimis Sumbang Medali

“Tetap jaga keamanan dalam kegiatan ini dan adakan koordinasi sebaik-baiknya agar kegiatan ini dapat mencapai hasil yang diharapkan,” sambung Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo.

Kegiatan karya bhakti TNI Manunggal Air ini akan dilaksanakan secara terus menerus di wilayah Korem 083/Bdj, sehingga diharapkan menjadi potensi ekonomi masyarakat dan meminimalisir kemungkinan terjadi bencana banjir.

“Selain bisa menjadi potensi ekonomi seperti wisata, eceng gondok yang kita bersihkan juga bisa dimanfaatkan untuk kerjaninan oleh masyarakat sekitar,” bebernya.

READ  Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Kresna Dewanata Ajak Warga Malang Perangi Hoaks

Setelah apel karya bhakti TNI Manunggal Air, Danrem 083/Bdj beserta rombongan secara simbolis melaksanakan penanaman pohon serta penyerahan tanaman eceng gondok kepada penggiat UMKM pengerajin tas tradisional berbahan baku tanaman eceng gondok.

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0818/Malang-Batu, Perwakilan Lanal Malang, Letkol Pnb. Wisnu Aji Kadisops Lanud Abd. Saleh, Kapolres Kabupaten Malang, dan Kepala OPD Kabupaten Malang, Pimpinan FKPPI Kabupaten Malang, serta Kades Kemiri Widjianto.