banner 728x250

Menjadi Konselor Sebaya di GenRe Sumut, Shanaz Bantu Remaja Konsultasi Kesehatan Mental

Shanaz Salsabila Al Zamru, Duta Genre Kota Medan 2020 & Sumatera Utara 2022. (Foto: Ist)
banner 120x600
banner 468x60

MEDAN – Kesehatan mental menjadi sebuah isu yang krusial pada saat ini. Terlebih lagi kesehatan mental pada remaja. Sebagian besar menganggap bahwa hal tersebut bukanlah sebuah masalah serius.

Beberapa remaja juga enggan untuk menceritakan masalahnya kepada teman terdekat atau orangtuanya. Menjadi Runner Up 1 Duta Genre Sumut 2022, membuat Shanaz Salsabila Al Zamru melakukan sosialisasi kepada remaja mengenai pentingnya kesehatan mental.

banner 336x280

Ia menganggap bahwa saat ini kesehatan mental sudah menjadi penyakit yang mendarah daging di kalangan remaja.

READ  The Legacy Cafe UMM Sajikan Menu Nusantara, dari Mi Kluntung hingga Roti Jala

“Saat ini, penyakit kesehatan mental bukan lagi merupakan penyakit sekedar jasmani melainkan juga sudah sampai ke rohani,”ujarnya, Sabtu (28/05/2022).

Shanaz mulai memahami pentingnya isu ini di lingkungan sekitarnya. Ia pun ingin menjadi role model bagi remaja. Namun sebelum memahami para remaja di sekitarnya, Shanaz harus bisa terlebih dahulu untuk memahami dirinya sendiri.

“Ketika Shanaz sudah bisa memahami diri Shanaz sendiri, maka saya akan bisa dan mampu untuk memahami setiap permasalahan para remaja yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Selain melalukan sosialisasi, saat ini Shanaz bersama Generasi Berencana (GenRe) Sumut mendirikan wadah yang bernama PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).

READ  TPST 3R Mulyoagung Malang Sukses Tuntaskan Masalah Sampah Hingga Jadi Percontohan Nasional

PIK-R berperan pula menjadi konselor sebaya yang membantu meringankan beban di pikiran para remaja. Para remaja bisa berkonsultasi dan Shanaz tentunya akan memegang kepercayaan dari para remaja tersebut untuk bisa menjaga kerahasiaan kosultasi tersebut.

Namun sebelum bisa menjadi konselor sebaya, Shanaz dan rekan GenRe lainnya diberikan bekal pelatihan PSKS (Pendidik Sebaya Konselor Sebaya).

Pelatihan tersebut bertujuan agar Shanaz dan rekannya dapat menjadi pendidik yang baik dan benar serta belajar cara-cara menjadi konselor yang profesional.

READ  Gubernur Khofifah Ajak Cucunya Libur Lebaran di Jatim Park

Remaja dapat menceritakan segala keluh kesah dan kesulitannya yang mungkin tidak bisa mereka sampaikan kepada orangtua dan orang terdekatnya. Jika masalah tersebut sudah terlalu berat, maka Shanaz akan menyerahkan kasus tersebut kepada pihak yang mungkin dapat menangani dengan lebih baik yaitu para psikiater atau psikolog.

“Biasanya kalau kasusnya sudah terlalu besar dan berat, Shanaz dan rekan GenRe akan menyerahkan kasusnya pada para psikiater atau psikolog,” tutupnya.